Kondisi pandemi saat ini membatasi ruang gerak masyarakat dalam beraktivitas, termasuk dalam berolahraga. Dyandra Promosindo menyelenggarakan program bernama Virtual Experience Sport (VXSport) yang hadir untuk masyarakat agar terus aktif berolahraga. Olahraga pertama yang hadir dalam program VXSport adalah Virtual Experience Run (VXRun), mengusung tema “Nusantara Energy Run (Series)” acara lari secara virtual ini berlangsung pada tanggal 1 – 30 September 2020.

Jakarta, 7 September 2020 Kondisi pandemi saat ini membatasi ruang gerak masyarakat dalam beraktivitas, termasuk dalam berolahraga. Dyandra Promosindo menyelenggarakan program bernama Virtual Experience Sport (VXSport) yang hadir untuk masyarakat agar terus aktif berolahraga. Olahraga pertama yang hadir dalam program VXSport adalah Virtual Experience Run (VXRun), mengusung tema “Nusantara Energy Run (Series)” acara lari secara virtual ini berlangsung pada tanggal 1 – 30 September 2020.

 

Konsep kompetisi lari VXRun bisa dilakukan secara mandiri dan tidak terbatas oleh waktu dan lokasi berlari. Hendra Noor Saleh selaku Presiden Direktur Dyandra Promosindo dalam press conference melalui Zoom mengatakan bahwa "Dampak pandemi menyebabkan banyak orang yang membatasi kegiatan di luar ruangan, hal ini menyebabkan aktivitas olahraga fisik menjadi berkurang. Dyandra telah berpengalaman menyelenggarakan olahraga lari marathon sejak tahun 2013 lalu, masa pandemi seperti ini menghadirkan inovasi baru melalui Virtual Experience Sport (VXSport). Kegiatan ini mengajak masyarakat untuk berolahraga secara virtual dengan aman,” jelasnya. (7/9)

 

Pentingnya menjaga kesehatan dengan berolahraga ini disampaikan juga oleh beberapa perwakilan komunitas lari. Mereka beradaptasi untuk tetap berolahraga dengan aman di tengah pandemi. Yomi Wardhana, co-founder dari IndoRunners bercerita tentang perubahan kegiatan olahraga lari yang ia lakukan selama masa pandemi. "Saat ini saya berlari secara mandiri untuk beradaptasi dengan kebiasaan baru, sebelumnya sering berlari dengan rekan-rekan komunitas IndoRunners. Sekarang saya berlari dengan treadmil di health center tempat tinggal saya dengan protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah. Saat ini konsep acara lari virtual seperti VXSport menjadi pemicu yang baik untuk terus berolahraga demi menjaga daya tahan tubuh saat ini, dan selaras dengan anjuran pemerintah," ujar Yomi.

 

Manfaat berlari selain untuk menjaga kesehatan fisik, Teddy Wahyu dari komunitas Ikastarun menyampaikan juga bahwa dengan berlari dapat menjaga kesehatan mental. "Di saat pandemi ini penting sekali untuk menjaga kesehatan fisik dan mental. Kita yang terbiasa aktif berkarya di luar rumah, sekarang pergerakannya menjadi terbatas. Berlari di sekeliling rumah, bagi saya membantu menjaga kesehatan fisik dan mental agar imunitas kita tetap terjaga dan selalu bisa berpikir dan bertindak positif di masa-masa sulit ini," ujar Teddy.


Tidak hanya Teddy, Mico Tanahbrata dari komunitas Canirunners juga tetap berolahraga lari menyesuaikan keadaan dan mengganti jam lari menjadi sore ke malam hari untuk menghindari keramaian dan menjaga protokol kesehatan.

 

"Karena kondisi yang seperti ini membuat kita terpaksa menghindari olahraga di keramaian. Biasanya saya dan teman-teman berlari di Gelora Bung Karno (GBK), saat ini kami lebih memilih tempat-tempat yang tidak terlalu ramai dan memilih untuk berlari pada saat sepi. Jam yang kami pilih untuk berlari biasanya dari jam lima sore sampai dengan jam tujuh sore, jam-jamnya pulang kantor. Untuk gabung di acara VXRun ini teman-teman bisa berlari dua sampai tiga hari sekali untuk sampai ke jarak tempuh 15 kilometer." tutupnya.

 

Peraturan Flexibel untuk Berlari

Nusantara Energy Run (Series) akan terbagi kedalam 3 (tiga) batch dengan jarak 15 kilometer di setiap batch. Pendaftaran untuk masing-masing batch teridiri dari :

1.      Batch pertama berlangsung pada 1 - 15 September 2020.

2.      Batch kedua berlangsung pada 23 September – 15 Oktober 2020.

3.      Batch ketiga berlangsung pada 23 Oktober – 15 November 2020

 

Untuk batch pertama runners dapat berlari kapanpun pada periode 1 – 30 September 2020. Perhitungan jarak akan diakumulasikan sampai mencapai jarak tempuh 15 kilometer. Untuk mempermudah menghitung jumlah jarak yang sudah ditempuh, runners dapat menghitung menggunakan aplikasi seperti Strava, Endomodo, Nike Run+ dan sebagainya. Setalah runners mengetahui jarak yang sudah ditempuh, runners dapat melakukan submit melalui website yang sama pada tanggal 23 – 30 September 2020.

 

Seluruh peserta akan mendapatkan mendali, jersey, e-BIB, e-certificate yang akan dikirim pada 5-7 Oktober 2020.  Untuk informasi lebih lanjut, anda dapat mengunjungi website www.dyandravirtualsport.com atau Instagram @vxsport.

 

Peserta dapat mendaftar melalui website www.dyandravirtualsport.com.  Kemudian melakukan pembayaran sebesar Rp 250.000 untuk setiap batch. Peserta dapat melakukan pembayaran yang lebih praktis dan instan melaui sistem Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) yang dapat diakses oleh banyak dompet elektronik, mobile banking atau uang elektonik yang berbasis server.

 

 

Donasi di bidang Pendidikan

Program (Virtual Experience Run) VXRun selain mengajak masyarakat untuk menjaga daya tahan tubuh dengan berolahraga lari, program ini juga diharapkan dapat memberikan dampak positif dengan berdonasi di bidang pendidikan yang akan diberikan setelah rangkaian VXRun berakhir.

 

"Selain mengajak masyarakat untuk terus sehat, kami juga akan memberikan donasi kepada sahabat-sahabat kita yang masih kesulitan di bidang pendidikan. Disini kami mengajak para runners untuk terus berolahraga dan beramal dengan cara mengikuti program VXRun,” tutup Hendra Noor Saleh selaku Presiden Direktur Dyandra Promosindo.